Jumat, 16 November 2012

sekeping mozaik di masa lalu part I




Lagi iseng-iseng buka folder-folder di laptop. tiba-tiba nemu foto ini. Membawa saya ke memori beberapa tahun yang lalu. Di saat saya masih berseragam putih abu-abu. Ketika saya masih se rumah dengan keluarga saya sendiri. Yang rasanya nilainya tak bisa dibandingkan dengan apa pun ketika kalian merasa sudah jauh dari keluarga dan ngekos karena harus mengejar cita-cita kalian.
Masih ada di ingatan saya. Ah rasa-rasanya seperti baru saja kemarin kejadian ini saya rasakan. Berlibur dengan kalian, di saat kita merasa sangat kompak di kelas. Tapi kondisi harus memisahkan kita. Saat kebijakan sekolah itu dikeluarkan, muncul rasa sedih di hati saya. Kita bakal berpisah kawan, meskipun baru berpisah kelas saja tapi rasanya sudah berat.

Mumpung belum terlambat kita mutusin untuk berlibur bareng. Ya berlibur bersama.. kita putuskan Jogja sebagai destinasi kita. Dulu saya merasa Jogja begitu jauh, senang sekali rasanya bisa berlibur lagi ke tempat itu. Hingga beberapa tahun kemudian saya bisa mengunjungi Jogja setiap hari selama seminggu penuh gara-gara tugas maba waktu itu. Saya masih ingat kita bentuk panitia sendiri, mulai dari mencari bis, konsumsi dll sebenarnya saya tidak diijinkan orang tua saat itu, karena liburan kita tidak jauh dari liburan angkatan ke pulau Bali. Apalagi saya juga ikut mendaftar ke bali saat itu. Tapi saya pasti menyesal seumur hidup kalau saya gak ikut acara kelas saya ini.
Saya masih ingat foto ini sengaja kita ambil karena kita merasa satu genk. Memang benar labil fikiran kita saat itu kawan. Dari atas kiri nevi, fitri, di bawah devi, mb har, aripeh dan terakhir saya. Karena kita merasa sering bersama berbagi suka duka saat kita masih satu kelas. Banyak kejadian konyol diantara kita bersama. Tapi tak luput juga kadang kita bermasalah satu sama lain.

Lewat kalian saya belajar apa itu arti sahabat. Apa itu seni berbagi, apa itu rasa saling memahami rasa orang lain. Nice. Masing-masing dari kalian memiliki watak unik menurut saya sendiri.. yang saya yakin sampai kini, watak itu yang akan membawa kalian sendiri pada masa depan kalian.

Walau pun kita pernah mendeklarasikan satu genk bukan berarti kita tidak berteman dengan yang lain juga. Kebahagiaan kita bercampur jadi satu di hari itu. Sungguh senang sekali rasanya mengingat momen itu. Sama indahnya saya punya harta berharga, teman-teman saya saat SMP.


Saya kira ini foto alay kita waktu dulu. Tercantum tanggal di foto tanggal 24 bulan 6 tahun 2009. Lama juga ya..3 tahun lebih. Pernahkan kalian berfikir kawan bahwa perjalanan sedemikian jauhnya. Sehingga satu demi satu kita memisahkan diri mengejar impian masing-masing. Impian yang saat itu mungkin belum munculdi pikiran masing-masing. Tapi di penghujung SMA semua menjadi jelas kawan.. ternyata keping mozaik kehidupan masing-masing dari kita memang tidak sama. Jauuuh, yang pasti akan membuat kita tidak akan sering bertemu lagi seperti dulu kawan..



Ini tak lupa juga foto sebagian dari penghuni laki-laki di kelas filsapat kita. Oh iya saya belum cerita, kenapa diberi nama filsapat. Entah dari ide siapa yang membuat, kurang lebih artinya Filum SebelAs iPa empAt. Hahaha mungkin gak keren si nama itu, ah apalah arti sebuah nama kawan. Dari kiri bernama budi, keatas bodong, luki, putut, restu, aan, alfian, kiri bawah aceng, ali abdul, heri thembik, dan dwi  ketos.

Tak terasa mata ini sudah lama tak melihat satu persatu dari kalian secara langsung kawan. Masih ingat gak jaman-jaman dulu kita menggila bersama?? Dwi ketos alias ketua osis waktu angkatan kita, memang dia laki-laki paling gokil dan gila yang pernah saya kenal. Tapi di balik kegilaan nya ada sesuatu yang sungguh berbeda. Kemudian heri thembik, sang raja tidur julukannya. Padahal saya juga tukang tidur di kelas, tapi saya masih kalah dengan dia, yang jam terbang tidurnya lebih tinggi dari saya. Hahaha dan masih banyak lagi kawan..



Nah kalau yang berbaju ijo itu bangkit sering dipanggil bangkong, yang gak ada kaitan yang mengindikasi kalau dia hobi tidur. Sama sekali kawan.. yang paling depan yaitu narjo, teman saya hingga kelas 3 SMA, tentunya setelah pengumunan eksekusi pindah kelas. Pernah satu kelompok saat kesenian, bruntung banget karena dia jago gitar. Yang paling kanan berkaos ijo tua, alif namanya orangnya sangat pendiam.



Melihat foto satu ini rasanya pengin ketawa terus kawan ,,bisa-bisanya kalian berpose sepeti itu tanpa dosa ya,,hm,, mungkin belum dikenalin ama yang paling kiri. Dia namanya TePe tapi saya lupa nama aslinya (sumpah beneran) ya ampuun naaf L dia pacar teman saya endah namanya. Si endah ini ternyata teman saya selalu sejak kita di bangku Tk sampe SMA satu sekolah terus.. dan yang paling kanan namanya edi wibowo, yang sekarang satu kuliahan dengan saya. Elektro ITS J


 rasanya baru kemarin bener-bener ngrasain kebersamaan dengan kalian :)
ngerasa gk sih kita berjaket satu kelas sama kaya anak panti, hehehe :p

Hm,, rasanya saya ingin membahas kalian satu persatu nih,hehe mumpung ada waktu luang jugaaaa…
Hmm,, siapa ya target pertamanya...


1.      Nevita Ary Sukarna. Sejak SMA kelas 2 hingga 3 kita satu kelas. Tak butuh waktu banyak untuk bisa akrab dengannya. orangnya asik juga, kita bernama mirip juga. Kadang membuat bingung juga jika sama-sama dipanggil nama belakang, sama-sama ‘fi’ akhirnya masing-masing dari kita  memiliki panggilan khusus. Dia memanggil saya dengan panggilan ‘Niphik’ sempet aneh juga se. tapi terbiasa juga. Lucunya lagi sebenarnya nama panggilan itu dibuatkan adek kandung saya sendiri karena jengkelnya dengan saya setiap hari saya usilin. Hehehe kebetulan nevi sendiri sering banget main ke rumah saya dan cepat akrab dengan keluarga saya. Saya panggil dia dengan sebutan ‘painem’ hehe dari awal sudah ketahunan ni anak hobi banget utak atik computer desain-desain hingga tak heran kini dia  kuliah di jurusan teknik Informatika, UNDIP Semarang.

2.     Arifah saya sering panggil di dengan sebutan grandonk kadang juga nenek lampir. Dia anak yang paling cerewet satu kelas. Bawel mungkin tepatnya. Hal yang tidak penting saja bisa dikomen habis-habisan mungkin juga diakumulasikan bisa sampai satu novel tebel. Jika kata orang perempuan itu mengucapkan jumlah kata permenit bisa berlipat dari laki-laki. Tapi saya yakin tu anak ajaib mengeluarkan kata permenit jauh lebih banyak dari kebanyakan perempuan. Mungkin 3 kali lipat lebih banyak dari perempuan biasa. Haha sungguh energik memang. Kini ia menambatkan hidupnya sebagai seorang pengajar SD, kini dia kuliah di jurusan PGSD di UMS. Sebuah profesi yang dulu sangat diinginkan oleh ibu saya, tetapi saya belum bisa memilihnya sebagai tambatan hati saya, karena memang bukan panggilan hati saya saat itu. Salut buat kalian yang punya panggilan hati untuk mengajar. Suatu saat saya ingin merasakannya juga. julukan lainya si tukang sms atu istilah keren di kalangan mahasiswa kini yaitu tukang jarkom,hehehe

3.        Dephi atau devi Luciana. Sikapnya yang alim hahaha kadang brutal juga kalau sedang kumat ni anak. Ketawanya keras banget. Kalau lagi jahil gak kira-kira, selalu totalitas. Tapi sayangnya takut ama cacing, hehe Orangnya cukup perhatian sebenarnya kepada teman lainnya, kadang bersifat keibuan kadang tidak. Pokoknya agak labil deh, peace deph. Cita-citanya ingin jadi dokter, mungkin background keluarganya dari profesi perawat yang membuatnya menjadikan ingin meneruskan keprofesian di bidang medis. Tapi takdir berkata lain, keinginannya sebagai dokter umum belum tercapai tetapi dia bersyukur masuk di jurusan Dokter Gigi Univ. Brawijaya Malang. Selamat berjuang bu Dokter Gigi. Besok bantu saya ya yang selalu bermasalah dengan gigi sejak SMA. Ah kau ini pas sekali dengan nasibku

4.        Fitri R. kita sering memanggilnya dengan sebutan Potro. Agak polos jika dilihat sekilas, tapi baiik banget. Jarang banget liat dia licik gak kaya kita yang lain. Dulu saya ingat potro ini kena skoliosis dan harus memakai gips di badannya. Gak tanggung-tanggung sampai bertahun-tahun. Saluut banget deh buat si fitri ini. Walau pun kadang diledek temen lainnya tapi tetep aja senyum. Kadang juga kalau marah udah ngeri tuh, hehehe tambatan hatinya kali ini sama dengan arifah dan satu skolah juga, di PGSD. Hebat deh buat calon pengajar muda ini J





5.      Hardika K atau sering dipanggil mb har. Bukan karena lebih tua atau apa tapi karena sikapnya lebih dewasa dari kita, dan lebih gak ababil deh pokoknya. Selalu senyum ramah dan sedikit bicara. Orangnya rajin, selalu berangkat ke sekolah pagi-pagi padahal rumah lebih jauh dibanding kita yang lainnya. Dia ini juga teman sekelas waktu kelas dua dan tiga SMA saat kelas tiganya tepatnya sebangku dengan saya. Berbanding terbalik dengan saya, saya yang nota bene masuk golongan cerewet tapi kadar saya masih dibawah si grandonk tentunya,hehe sedangkan mb har pendiam banget kata anak-anak. Tapi kalau sama kita-kita masih tetep nyambung. Satu lagi dia sangat pelupa, sampai gak habis pikir, tingkat parah banget deh pokoknya, #peace mb har :P  Yang penting lagi dia slaah satu orang yang meniupkan impian saya untuk berlabuh di kampus ini. Saya yang tidak pernah bermimpi untuk mengenyam pendidikan di kampus teknikini pun ikut terhipnotis dengan euphoria impiannya kalau tidak ITB ya ITS sahut nya, begitu mantap. Makasih mb har, jalan Tuhan memang sangat indah. Saya bisa dipertemukan dengan kalian. Akhirnya kita berjodoh lagi di kampus ini, dan sampai sekarang masih satu kosan. Di di jurusan T. Informatika, sehobi dengan nephik

6.      Amanda Dwi H atau sering dipanggil Manda. Orangnya agak manis dan penampilan kalem. Orang rohis juga, brati alim. Tapi siapa sangka di balik semuanya tersimpan rasa gokil juga di dirinya, soalnya nyambung dengan kita yang parah banget gilanya. Dia agak pendiem juga, tapi masih kalah dengan mb har satu level tingkat pendiamnya. Karena jumlah kata permenit masih tinggi rating manda dari pada mb har. Terkenal di kalangan anak-anak sebagai orang bulu (baca : desa bulu). Yang pasti sama orang di bilang pelosok,, hahaha #peace nda. Bakat agak mbeling juga, karena saya ingat 2 kali manda terhasut bujuk rayu saya untuk membolos mata pelajaran, hahaha maklum saya dulu sedikit mbeling. Karena sifatnya alim dan kale ini dia sekarang berada jurusan kebidanan Poltekkes. Good luck manda, calon bu Bidan. Boleh tuh kalau besok mau nglahirin di tmpatmu dapet gratisan,hehe #Uppssss


7.    Retno Jati Sahari atau Bopa. Kenapa dipanggil Bopa Karena menurut cerita karena dia lahir saat Rebo Pahing. Sempet cegek juga, hehe tapi itu masih terlihat biasa di kalangan kita saat itu berbicara tentang kelahiran menurut jawa walaupun tidak sampai dijadikan nama panggilan juga. Cewek satu ini yang menjadi goal  saya. Begitu banyak terlintas ketika mendengar nama bopa di telinga saya. Dia adalah seorang yang sangat energik sekali, energik dalam segala hal. Dalam berjalan, berbicara, maupun dalam belajar sekalipun. Dia selalu menjadi inspirasi dan motivasi hidup saya. Dia ini rajinnya minta ampun, segala macam soal dibabat habis, tak peduli mata pelajaran apa pun, tidak dibeda-bedakannya. Karena dia yang membedakan dengan yang lainnya. Dia adalah pecinta ilmu, segala ilmu, politik,astronomi, geologi,islam, bahasa inggris, lingkungan, sejarah, seni dan lain lainbahkan sudah ngelesi anak SD juga untuk seumuran dia waktu itu. Pada waktu kelas dua SMA dulu, beruntung saya bisa sebangku dengan mbk Bop. Entah mengapa juga hal itu bisa terjadi. Yang jelas mulai saat itu kehidupan saya lambat laun mulai berubah, bukan berubah secara fisik, tetapi sesuatu yang ada di kepala saya. begitu segan saya dengan dia yang padahal masih seumuran. Perjuangan hidupnya, mimpi-mimpinya, kerja kerasnya. Saya masih ingat saya sering bercerita kepada bapak saya tentang bopa, yang selalu membawa saya semangat untuk menimba ilmu. Yang ketika momen mengambil rapor siswa, saya selalu memberi tahu kepada bapak saya mengenai sosoknya hingga akhirnya bapak bopa berkenalan dengan bapak saya. saya selalu berandai-andai, suatu saat nanti bopa ini akan menjadi orang hebat nantinya, buaknkah di dunia ini tidak ada yang sia-sia kawan? Dan dia sudah bekerja keras sejak masih sangat muda., di saat yang lain masih terbuai manja dari kedua orang tuanya tetapi Bopa sudah mandiri sejak dulu. Mungkin baru saya sadari detik ini, sikap ulet saya untuk bertahan di kampus ini adalah mengadopsi perjuangan bopa dulu sewaktu SMA. Ah gadis yang dulu selalu concern dengan ilmu, kini ternyata sudah punya pacar di kuliahnya. Sungguh kaget juga saat mendengar berita itu, karena saya sudah lama tidak berjumpa dengan nya. Akan tetapi saya selalu bertanya, laki-laki seperti apa yang mampu menaklukkan hati bopa. Pasti dia juga hebat, sama seperti bopa. Ah bopa, gadis pekerja keras. Kini aku pun yang selalu kalah dengan mu di tingkat akademik bagaimanapun kerasnya saya belajar,ternyata saya juga kalah untuk urusan yang satu ini #uups jangan bongkar kartu yaaa J kini dia kuliah di jurusan Matematika kampus UNS di solo. Saya tak sabar menunggu gebrakan dari orang yang yang selalu menginspirasi saya, mungkin dia kaan membuat rumus baru dengan nama Bopa’s equation. Maybe,, who knows?? See you on the top guys! Thank you for every thing. Maaf tulisan jadi paling panjang, karena dulu saya pernah berjanji ingin membuat tulisan tentang sosok indah satu ini, tapi baru kesampaian sekarang. Oh ya satu lagi, dulu dia hobby banget liat bintang di langit, hingga tak saya sadari saya pun mengikuti jejaknya menjadi hobby memandang langit di malam hari. Dia tahu jadwal-jadwal kapan akan terjadi hujan meteor dan selalu sms kepada teman-teman lain, hingga suatu hari saya melakukan aksi gila, memanjat atap rumah di tengah malam pakai tangga. Di kira saya sudah gila sama orang rumah, haha but I enjoy it. Dia itu seperti duta lingkungan di kelas kami, selalu mengkampanyekan aksi go green kepada kami, menasehati kami dengan hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah global warming, penyuka walhi, wwh dsb. Dia juga suka berita metro tv, Tvone, dan berita kritisnya. Sering kali dia selalu mengajak berdiskusi dengan saya mengenai pemerintahan, atau birokrasi yang bisa kalian bayangkan seumuran SMA saya masih ngah ngoh dengan urusan itu, sehingga saya pun dengan terpaksa ikut menyimak berita sejenis itu agar nyambung dengan bopa, hehehe dia juga suka acara kick andy, oprah winfrey, dsb dan berita headline news, bukan hanya dari tv tapi juga Koran. Sehingga dia serasa seperti informasi berjalan bagi kami. Ah sungguh tidak ada habisnya membicarakan sosok teman saya yang satu ini. Saya sampai tidak bisa berkata-kata lagi.. saya terharu, bahwa saya hari ini adalah hasil akumulasi dari masa lalu saya dengan teman-teman saya

Mungkin sampai disini dulu, bener-bener di luar dugaan saya, bisa menulis ini sampai berlembar-lembar dan berjam-jam namun belum habis juga.. saya putuskan untuk membuat part II untuk seri ini. Di tulisan selanjutnya saya ingin bercerita tentang teman laki-laki saya yang hebat-hebat dan unik ..
See you guys..
Enjoy reading my blog, thank you for visiting this site..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar