Senin, 21 November 2011

New revision "Hidup Berawal dari Mimpi' by Fahd Djibran dan Bondan&fade2Black


Judul Buku : Hidup Berawal Dari Mimpi
Penulis :
 Fahd Djibran , Bondan Prakoso & Fade2Black
Penerbit : Kurniaesa Publishing
Jumlah Halaman : 231 Halaman
Harga : Rp. 39.000
ISBN : 9786029934915
Tanggal terbit : Agustus – 2011
Kategori : Psikologi



Bondan Prakoso & Fade2Black merupakan grup musik  yang unik, musik dan lirik mereka memiliki konsep yang kuat, pemahaman yang dalam serta pilihan ekspresi kreativitas yang tepat. Awalnya sang penulis, Fahd Djibran ( penulis Yang Galau Yang Berkicau ) menawarkan project penulisan ‘fiksi-musikal’ kepada Bondan Prakoso & Fade2black, yang begitu antusias menyetujuinya. Menyastrakan musik, itulah yang rupanya hendak mereka usung melalui novel  Hidup Berawal dari Mimpi ini.
fiksi-musikal merupakan sebuah genre  dalam fiksi di mana musik menjadi bagian yang sangat penting, baik sebagai bahan utama maupun bagian cerita atau cara lain dalam menyajikan sebuah cerita sekaligus sebuah lagu/musik. Fiksi (cerita) dan lagu (musik) menjadi dua karya yang saling mengisi dan menguatkan satu sama lain dalam sebuah bentuk baru yang “meluaskan” ruang apresiasinya.
Ada 12 lagu yang dibuatkan cerita pendeknya. Ibarat dunia anak muda yang penuh warna, melambangkan teman-perjuangan-duka-penyesalan-tragedi-kepercayaan-persahabatan-semangat dan juga cinta. Aneka warna dan rasa saling berpadu menyatu dalam untaian kalimat. Dengan gaya penceritaan yang simpel, cenderung ceplas-ceplos, namun dengan diksi nan memukau, menawarkan sebuah pembelajaran kehidupan kepada para pembaca muda dan remaja. Modelnya yang tidak mengurui dan mengambil sudut pandang “pembaca-sebagai-sahabat”, menjadikan novel ringan namun sarat makna ini bisa diterima dengan luas oleh pasar anak muda.. Lewat cerita “Kau Puisi”, kita belajar untuk merayu sang terkasih:
“Cinta  barangkali bagai senyawa kata dan makna yang bersembunyi di balik metafora puisi—dan kita terus menerus membacanya, menafsirkannya, mengaguminya tanpa henti …Bagiku, kaulah puisiku! Yang terindah yang pernah aku tahu! …Semoga kamu belum punya pacar ” (halaman 21).
Bermodalkan seorang Fahd Djibran dalam mengolah kata, band ini berhasil menyajikan apa yang selama ini mungkin belum pernah dilakukan oleh band-band lain di Indonesia: menulis buku! Masing-masing kisah di dalamnya adalah pem-fiksi-an ke dalam 3 album mereka, Respect, Unity, dan For All. 
“Kalian tahu, menurut Papaku, setiap kali kita bersalah dan berdosa, sebenarnya kita sedang belajar untuk menjadi lebih baik. Seperti setiap  kita jatuh, kita sebenarnya sedang belajar menuju tempat yang lebih tinggi.” (halaman 57)
“Friendship is giving someone the ability to destroy you—but trusting them not to … (Persahabatan adalah memberikan kemampuan kepada seseorang untuk menghancurkanmu—tapi Anda percaya bahwa dia tidak akan melakukannya)  (hlm 146)
Terlepas dari para penggemar mereka “Respectors” yang memborong buku ini, Hidup Berawal dari Mimpiadalah salah satu karya yang wajib baca. Inilah sebabnya buku kecil ini sudah mengalami dua kali cetak ulang dalam tiga bulan saja. Luar biasa!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar