Senin, 21 November 2011

New Version '9 summers 10 Autumns' by Iwan Setyawan


Judul     : 9 summers 10 Autumns : Dari kota Apel ke The big Apple
Penulis                 : Iwan Setyawan, Mirna Yulistianti
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 221 halaman
ISBN : 9792267662
Tanggal terbit  : Februari 2011

Novel ini mengalir dengan bahasa yang jujur, sederhana, realistis dan tanpa dramatisir yang berlebihan. Dikemas dengan tulisan yang mudah dicerna oleh para pembacanya. Menceritakan seorang Iwan yang mencapai sesuatu yang tak pernah ia impikan sebelumnya. Memang bukan cerita seorang yang meraih impiannya melainkan cerita seseorang yang meraih sesuatu melebihi impiannya.
Cerita diawali dengan seorang Iwan yang berasal dari keluarga penuh keterbatasan finansial kalau boleh dibilang, dengan Bapaknya seorang supir angkot yang berpenghasilan minim, yang akhirnya bisa mendapatkan pekerjaan yang LEBIH BAIK di New York City berkat kerja kerasnya belajar dan memperjuangkan pendidikan. Ya, pendidikan , satu-satunya hal yang harus diperjuangkan untuk hidup lebih baik.

"Mata kita pasti akan tebuka setelah membaca buku ini, bahwa pendidikan itu sangat penting".
Kisahnya hebat, penuh perjuangan jatuh bangun dalam mendapatkan mimpinya. Mimpi untuk mendapatkan hidup yang lebih baik melalui pendidikan. It's proofed! Dengan pendidikannya, dia bisa mendapatkan pekerjaan yang bagus, baik, untuk dirinya dan untuk keluarganya. Hingga suatu hari dia mendapatkan kesempatan kerja di salah satu perusahaan Research terkemuka di NYC , USA. You know what guys?? That was so incredible in my eyes! New York, the crowd, the snow, the fashion, and all thing about this "never sleep" city makes my eyes opene wide!
‘Bukan seberapa besar mimpi yang kita punya, tapi bagaimana kita mengeksekusinya’
Buku 9S10A sangat sarat akan makna sari pati hidup, Kunci sukses adalah kerja keras, keluarga, doa dan ikhlas menerima apapun keputusan dari Tuhan. Iwan menjadi sosok inspirator bagi semua orang, kecintaan terhadap keluarganya membuat betapa berartinya keluarga dalam hidup. Banyak kata-kata yang bisa di ambil contohnya antara lain :
"Impian haruslah menyala dengan apapun yang kita miliki meskipun yang kita miliki tak sempurna meskipun itu retak-retak".(hal. 21 )
"Kegagalan ataupun keberhasilan sebuah proses adalah dimensi lain yang akan melahirkan pelajaran baru untuk proses selanjutnya".( hal. 103)
Seperti ungkapan dari beberapa tokoh terkenal yang memuji karya Iwan S. Ini
Pendidikan bukan saja mencerdaskan. Pendidikan adalah eskalator. Dia mengangkat derajat sosial ekonomi. Dia membukakan pintu-pintu baru untuk meraih kemajuan. Pendidikan adalah kunci di balik keberhasilan Iwan.
Orangtuanya supir angkot, anaknya direktur di salah satu perusahaan paling terkemukan dunia, berkantor di New York.
Kisah Iwan menjadi bukti nyata tentang efek pendidikan. Karena itu, berikanlah akses pendidikan berkualitas pada setiap anak Indonesia. Tidak peduli anak miskin atau kaya, anak kota atau desa. Keterdidikan mereka akan membawa Indonesia menuju pada cita-citanya.
Iwan dari Kota Batu adalah bukti dan dia adalah inspirasi, bacalah novel ini dan kita akan merasakan optimisme itu tumbuh merekah.
Anies Baswedan (Rektor Universitas Paramadina dan Ketua Indonesia Mengajar)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar